Start Up – Ayo kita mulai kawan

Hahaha, memulai sesuatu memang menjadi perkara yang tidak mudah bagi seseorang, termasuk memulai untuk menulis blog ini bagi saya. Beberapa hari yang lalu saya memang berniat akan memulai menulis blog lagi. Saya bertekad untuk rajin menulis apapun, baik menulis laporan, tugas kuliah termasuk menulis blog ini. Nah, ternyata baru kali ini saya sempat menulis untuk blog ini. Sebenarnya saya bingung mau memulai blog ini dengan tulisan apa. Kebingungan ini bukan dikarenakan tidak ada ide, tetapi karena terlalu banyak ide yang ada di pikiran saya. Karena banyaknya ide itulah saya bingung harus memulai dengan ide yang mana. Aneh bukan? Hahaha…

Oh iya, saya teringat kata-kata seorang kakak saya, katanya :

Sebuah gagasan yang direalisasikan walaupun itu kecil dan sederhana, jauh lebih berharga dari pada seribu gagasan yang masih diangan-angan.

Nah dari situlah saya mencoba menulis apa yang ada dibenak saya ini yaitu betapa sulitnya bagi seseorang untuk memulai sesuatu. Perkara ini merupakan hal yang wajar lho, malahan sangat ilmiah. Ada yang inget gak sama pelajaran sekolah yang mengatakan bahwa gaya gesek statik itu selalu lebih besar dibanding gaya gesek kinetik. Jika kita umpamakan gaya gesek tersebut sebagai hambatan untuk melakukan sesuatu, maka bisa pahami bahwa hambatan dalam memulai seuatu tindakan akan lebih besar dibanding hambatan yang kita alami dalam perjalanan melakukan tindakan tersebut.

Sedikit menuangkan dari apa yang saya baca disini , intinya bahwa hambatan-hambatan yang dialami seseorang dalam memulai sesuatu itu banyak sekali macamnya antara lain :

1. Saya sangat sibuk,

Semua orang memiliki 24 jam dalam sehari, tapi dengan bekal waktu yang sama, tiap orang bisa memiliki kesuksesan yang berbeda. Yang membedakan hanyalah cara tiap orang memanfaatkan waktu yang ada. Orang-orang yang sukses tidak hanya berhenti sampai bermimpi saja, mereka juga bertindak untuk mulai mewujudkan mimpi mereka.

 

2. Nanti saja deh…

Terkadang kita merasa kondisi lingkungan yang ada sekarang tidak cocok untuk memulai hal yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita merasa malas untuk memulainya. Kita seringkali berpikir “Nanti saja deh setelah lulus”, “Nanti malam saja deh”, “Nanti saja deh kalo sudah ganteng (-____-!)” dan berbagai macam “nanti” lainnya.

Sering kita menunggu waktu yang tepat untuk memulai sesuatu, dan ternyata waktu yang tepat itu tidak pernah datang

Mengutip lagi kata-kata sesepuh saya, beliau berkata:

Berbeda dengan komputer yang memiliki tombol “enter” untuk langsung memulai melaksanakan suatu proses, manusia memiliki tombol “entar” pada otaknya yang membuat segala penundaan.

 

3. Ilmu saya masih sedikit, nanti saja kalau saya sudah mahir

Kita tidak perlu menjadi hebat untuk memulai sesuatu. Kita hanya perlu memulai sesuatu untuk menjadi hebat. Dari sini kita tahu bahwa semua orang berpotensi menjadi hebat, asalkan dia mau berusaha.

 

4. Saya tidak tahu cara memulainya

Bingung dengan bagaimana cara memulainya? Lakukan saja langsung. Jika kita tak tahu bagaimana cara memulai menulis, maka cara yang paling mudah untuk memulainya adalah “Langsung saja menulis” tanpa banyak alasan lagi. “Cara Terbaik untuk Mulai adalah Mulai”


Nah ketika dalam memulai suatu tindakan, ada kalanya kita sering jatuh. Namun kita tidak boleh menyerah begitu saja kawan. Seorang bayi ketika mereka belajar berjalan, tentu saja mereka akan sering kali mendapati diri mereka terjatuh. Namun ternyata para bayi (termasuk kita ketika kita masih bayi) tidak mudah putus asa. Mungkin mereka akan menangis ketika jatuh, tapi tak lama kemudian mereka akan mencoba untuk bangkit kembali dan belajar berjalan lagi. Lalu kemana semangat kita yang dulu ada sewaktu kita bayi dahulu? Ayolah kita bangkit kawan!

Oke!!! Ayo kita mulai kawan. Kita wujudkan mimpi kita. Berbagai hambatan harus kita hadapi. Jika jatuh kita harus bersegera untuk bangkit lagi.

 

Zzzzzz…. Eh, kenapa jadi bikin postingan motivasi kayak gini ya? Padahal mungkin cuma berniat curhat pribadi tentang apa yang saya alami,  apa saya baca dan apa yang ada di otak saya. Apakah ini gara-gara saya telah berhasil memulai menulis blog ini. Wow…. ternyata “memulai” itu keren (sambil melihat tumpukan tugas yang belum dikerjakan).

 

 

Next target : Ntar malem bikin tugas, gak boleh banyak maen-maen dulu



 

2 responses to this post.

  1. huohoho … kunjungan balik …

    stei ITB angkatan berapa ?

    oh iya, sekedar ngasih pengalaman soal blog … asik loh .. bisa nulis soal pendapat juga …

    jadi apa yang kita pikirkan bisa lebih di brain stroming dengan lebih ‘ajeg’

    kalo ngeliat blognya anak salman bukan ?#soktahu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: